Beralih ke Minyak Rusia, India Pangkas Impor Minyak Mentah dari AS 50%

Happy Fajrian
25 Agustus 2022, 08:29
india, minyak, rusia, impor minyak mentah, minyak mentah, amerika serikat
Katadata
Ilustrasi.

India dilaporkan telah mengurangi impor minyak mentah dari Amerika Serikat (AS) hingga 50% atau sebesar 1 juta metrik ton sepanjang kuartal II 2022 seiring meningkatnya impor minyak dari Rusia yang dijual dengan diskon besar.

Bauran energi India kini terlihat berbeda dibandingkan tahun lalu di mana pangsa minyak Rusia hanya sekitar 2,2% dari total impor minyak mentah, sedangkan minyak dari AS mencapai 9,2%. Kini pangsa minyak Rusia mencapai 12,9%, sedangkan minyak mentah AS turun menjadi 5,4%.

India tidak pernah membeli minyak mentah Rusia dalam jumlah besar meski harus mengimpor 80% dari kebutuhannya. Pada 2021 India hanya mengimpor 12 juta barel minyak mentah Rusia dengan mayoritas minyaknya bersumber dari Irak, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Nigeria.

Pada tahun-tahun tertentu India paling banyak mengimpor 2-5% minyak Rusia, kira-kira proporsi yang sama seperti yang dilakukan Amerika sebelum mengumumkan larangan 100% terhadap komoditas energi Rusia.

Namun pada bulan Mei muncul laporan bahwa telah terjadi peningkatan signifikan pengiriman minyak Rusia menuju India. Menurut laporan Bloomberg, India menggelontorkan US$ 5,1 miliar untuk minyak, gas, dan batu bara Rusia dalam tiga bulan pertama setelah invasi atau lima kali lipat nilai tahun sebelumnnya.

Meski demikian, Cina tetap menjadi pembeli terbesar komoditas energi Rusia, menghabiskan sekitar US$ 18,9 miliar dalam tiga bulan hingga akhir Mei, atau hampir dua kali lipat jumlah tahun sebelumnya. Simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...