Anggota Komisi VII DPR: Idealnya Bansos Subsidi BBM Rp4 Juta per Bulan

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Agustus 2022, 18:58
bansos, subsidi bbm, harga bbm, bbm bersubsidi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Pengendara antre untuk mengisi Bahan Bakar Minyak di salah satu SPBU di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (26/8/2022).

Anggota Komisi VII DPR Adian Napitupulu menilai nominal Rp 600 ribu dalam bantuan sosial (bansos) pengalihan anggaran subsidi BBM kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat terlalu kecil.

Adian menyebut bantuan yang bakal diberikan secara tunai mulai 1 September mendatang dirasa hanya cukup untuk menahan lapar. Menurutnya, dengan uang Rp 600 ribu, masyarakat tak diberi harapan untuk memaksimalkan peluang ekonomi seperti membuka usaha jasa dan warung kecil-kecilan.

"Kalau cuma Rp 600 ribu, itu pelipur lara, pelit," kata Adian dalam diskusi daring Tempo bertajuk Menemukan Jalan Subsidi BBM Tepat Sarasan pada Selasa (30/8).

Lebih lanjut, kata Adian, nominal ideal dari bantuan sosial yang diberikan berada di kisaran Rp 4 juta per bulan. Akan tetapi, Adian punya perhitungan yang berbeda dengan pemerintah. Marujuk pada data Badan Pusat Statstik (BPS), Adian mengatakan ada 27-30 juta orang berada di bawah garis kemiskinan.

Dengan asumsi ada 4 orang di tiap keluarga, artinya ada 7,5 juta keluarga yang berhak untuk memperoleh bantuan sosial senilai Rp 4 juta per bulan. Adian menjelaskan, warga miskin berhak untuk digaji dan diberi bantuan sosial yang terus berlanjut hingga mereka sanggup keluar dari garis kemiskinan.

Konsep ini selaras dengan skema subsidi di sejumlah negara kesejahteraan di sejumlah negara Eropa seperti Finlandia dan Denmark.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...