Demo Serentak Tolak Kenaikan Harga BBM, Simak Lokasinya di Jakarta

Happy Fajrian
6 September 2022, 09:01
demonstrasi, harga bbm naik, harga bbm, buruh, mahasiswa
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melakukan unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (29/8). Aksi demo itu untuk menolak rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sejumlah elemen masyarakat, mulai dari buruh hingga mahasiswa, hari ini, Selasa (6/9), akan menggelar aksi demonstrasi besar-besaran untuk memprotes kenaikan harga BBM.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia yang juga Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, aksi hari ini akan melibatkan sekitar 3.000-5.000 buruh dan akan berlangsung di area Jabodetabek dan dipusatkan di Gedung DPR RI. Rencananya, aksi akan dimulai pukul 10.00 WIB.

"Aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, PRT, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan di 34 provinsi. Aksi serentak akan dilakukan di Kantor Gubernur," jelas Said, dalam keterangan tertulis, pada Senin (5/9).

Said mengatakan aksi di daerah dilakukan di depan kantor gubernur bertujuan untuk meminta gubernur agar membuat surat rekomendasi kepada presiden dan pimpinan DPR RI agar membatalkan kenaikan harga BBM.

Selain bentuk protes terhadap kenaikan harga BBM, aksi tersebut juga memiliki beberapa tuntutan lain, di antaranya menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, serta meminta kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2023 sebesar 10-13%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...