PLN akan Tambah Daya Gratis Pelanggan Penerima Program Kompor Induksi

Happy Fajrian
16 September 2022, 16:42
kompor induksi, listrik, pln
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
PLN akan menambah daya listrik pelanggan 450 VA dan 900 VA yang menerima paket kompor induksi gratis dari pemerintah.

Pemerintah membagikan kompor induksi listrik gratis kepada masyarakat untuk mengurangi subsidi LPG 3 kg. Peralihan ke kompor induksi ini diharap dapat mengurangi penggunaan LPG yang pemenuhannya masih mengandalkan impor.

Untuk mendukung proses transisi itu PLN akan menyediakan paket kompor induksi sebagai konversi LPG 3 kg kepada golongan pelanggan subsidi 450-900 volt ampere (VA).

Selain itu PLN juga akan menambah daya listrik pelanggan subsidi tersebut tanpa mengenakan biaya atau gratis mengingat satu tungku pada kompor induksi membutuhkan daya setidaknya 1.000 watt listrik.

“Yang nambah PLN, bukan pelanggan. Kalau pelanggan yang tambah daya, bayar, kalau PLN tidak. Itu bedanya. Sebetulnya yang disebut tidak perlu tambah daya maksudnya seperti itu,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy Pangaribuan kepada Katadata.co.id, Jumat (16/9).

Adapun pelanggan dengan daya listrik 450 VA akan ditambah menjadi 3.500 VA, sedangkan 900 VA akan ditambah menjadi 4.400 VA. "Jadi dibikin saluran baru di dalam rumah. Nah selisih tambahan daya listrik ini hanya bisa digunakan untuk kompor induksi, tidak bisa untuk keperluan lainya," sambungnya.

Doddy menambahkan bahwa berdasarkan pilot project pembagian kompor induksi gratis di Solo, Jawa Tengah, dan Denpasar, Bali, masing-masing kepada 1.000 keluarga, menunjukkan hasil yang memuaskan dengan respons yang baik dari masyarakat.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...