Golongan 450 VA Tak Dihapus, ESDM Fokus Perbarui Data Subsidi Listrik

Happy Fajrian
18 September 2022, 14:02
listrik, kementerian esdm, 450 va, subsidi listrik
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020).

Kementerian ESDM menegaskan bahwa pemerintah belum ada rencana mengalihkan pelanggan golongan listrik 450 volt ampere (VA) menjadi 900 VA seperti yang disampaikan oleh Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah beberapa waktu lalu.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menilai wacana tersebut kurang tepat diimplementasikan saat ini lantaran peningkatan ke daya listrik 900 VA berpotensi meningkatkan penggunaan listrik yang akan diikuti dengan peningkatan biaya.

“Kalau daya listrik naik pasti akan ada dampaknya. Otomatis pembayarannya yang mengikuti 900 VA. Nah itu kan nggak jelas, apalagi dikemukakan pada saat-saat seperti ini. Jadi sensitif,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (18/9).

Menurut Arifin, saat ini pemerintah tengah fokus melakukan berbagai upaya perbaikan ketepatan sasaran subsidi listrik 450 VA. Pembaruan data akan dilakukan secara hati-hati dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat secara nasional.

“Kalau penataan tepat sasaran, kami sedang proses mengarah itu supaya yang betul-betul menerima dan membutuhkan dapat manfaatnya,” ujarnya.

Adanya pandemi Covid-19 dan perubahan kondisi sosial, sambung Arifin, telah mengubah data subsidi listrik 450 VA. “Kami sudah petakan, tapi kami sudah update lagi. Karena dengan kejadian pandemi Covid, kondisi sekarang ini, kan pasti berubah. Harus ada yang kami update,” ujarnya.

Kementerian ESDM sendiri telah memetakan data pembaruan subsidi listrik dengan tetap mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Selanjutnya, data tersebut akan diverifikasi ulang di lapangan.

Upaya ini dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya diberitakan Banggar DPR sepakat untuk mendorong dihapusnya golongan listrik 450 VA. Kelompok rumah tangga miskin didorong untuk naik ke golongan daya 900 VA dengan tujuan mengatasi kelebihan suplai listrik yang dialami PLN saat ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...