Diresmikan Anies Ini Fasilitas Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Muhamad Fajar Riyandanu
18 September 2022, 19:53
anies baswedan, taman literasi, martha christina tiahahu, blok m
Katadata
Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan saat meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, di Blok M, Jakarta, Minggu (18/9).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan area Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang telah direvitalisasi pada Minggu (18/9). Dalam sambutannya, Anies mengatakan, taman ini bangun untuk mendekatkan akses literasi, kesenian dan diskusi kepada komunitas dan warga Jakarta.

Anies menyebut, ada 5.248 penerbit di Jakarta. Angka ini menyubang 30% dari total penerbit buku modern secara nasional. "Penerbit di Jakarta banyak, tapi tersebar. Sehingga kegiatan-kegiatan literasi sulit terjangkau masyarakat. Terutama orang tua dan anak sekolah," kata Anies.

Advertisement

Lokasi taman ini dinilai bisa menjadi titik temu para warga karena lokasinya yang berada di lokasi transit dan alih moda transportasi Blok M - Sisingamangaraja, melalui halte Integrasi Centrale Stichting Wederopbouw (CSW), terminal Blok M, dan stasiun MRT Jakarta.

Taman yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini memiliki luas sekitar 9.170 meter persegi. Dilengkapi dengan fitur-fitur seperti paviliun literasi, selasar pandang, galeri, amphitheater, taman plaza, taman bermain, forest walk, hingga kolam teratai.

Taman ini juga bakal dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti perpustakaan, ruang baca, ruang diskusi, toko buku, kedai kopi, musala, dan kantor.

Adapun pencanangan pembangunan taman tersebut sudah dimulai pada Oktober 2021 lalu. "Dari banyaknya komunitas literasi ini belum terkondolidasi, maka dari itu taman ini diharapkan bisa menjadi area konsolidasi dan pertemuan ide para masyarakat komunitas di tempat ini," sambungnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement