Siap Diusung Capres 2024, Anies Buka Komunikasi dengan Partai Politik

Muhamad Fajar Riyandanu
18 September 2022, 20:30
anies baswedan, capres, pemilu 2024,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan istrinya, Fery Farhati (kiri) membaca buku koleksi perpustakaan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dalam acara peresmian di Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sinyal kesediaannya untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Meski begitu, ia mengaku belum ada partai politik yang memanggil atau mengusungnya untuk menjadi capres.

Menurut Anies, penunjukan dirinya menjadi bakal calon presiden merupakan sebuah panggilan tugas yang harus dijalani. Walau begitu, Mantan Menteri Pendidikan itu mengaku masih ingin fokus pada tugasnya sebagai kepala daerah menjelang berakhirnya masa jabatan pada 16 Oktober 2022.

"Kalau ada panggilan, kita tunggu. (Tapi) sekarang belum ada panggilannya. Saya tuntaskan dulu tugas hingga selesai, setelah itu jangan dibalik seakan-akan saya yang dibalik, bukan," kata Anies saat meresmikan Taman Literasi Christina Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9).

Dia mengatakan bahwa panggilan tugas adalah sesuatu yang normal. Setiap kali ada panggilan tugas untuk kebaikan masyarakat, dia mengaku akan selalu siap. Di hadapan para wartawan, Anies sempat bercerita bahwa dirinya pernah ditunjuk menjadi pembina karang taruna oleh pengurus RT setempat.

"Prinsip saya selama ini sama. Ketika ada panggilan tugas, dari Pak RT saja untuk jadi pembina karang taruna, saya terima tugas itu," ujarnya. "Kalau di tingkat nasional ada panggilan, nanti ditunggu. Sekarang belum ada panggilannya."

Anies menyebutkan masih fokus menuntaskan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga 16 Oktober mendatang. Namun sambil menuntaskan tugas, mantan Menteri Pendidikan Nasional itu tetap membuka pintu untuk para partai politik yang ingin berkomunikasi soal pencalonan dirinya sebagai presiden.

Anies menjelaskan masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta tersisa tinggal sebulan, setelah itu dirinya akan mempersiapkan langkah selanjutnya termasuk perkembangan terkait calon presiden.

Sebelumnya, Anies menyatakan siap maju mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2024 saat diwawancarai oleh media asing di Singapura beberapa hari lalu, Kamis (15/9). "Saya siap mencalonkan diri sebagai Presiden jika ada partai yang menominasikan saya," kata Anies kepada Reuters.

Anies mengatakan, sebagai orang yang tidak berafiliasi dengan partai politik manapun, ia memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan banyak pihak. Dalam hal ini, ia mengandalkan hasil survei yang menempatkannya sebagai salah satu kandidat terkuat.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...