Kompor Listrik Batal, Ratusan Ribu Jaringan Gas Selesai Akhir Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
28 September 2022, 19:13
bumn, jaringan gas, jargas
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nz.
Warga memeriksa meteran gas yang terpasang melalui program "city gas" Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di The Hok, Jambi, Sabtu (19/3/2022).

Kementerian BUMN menargetkan pembangunan 300.000 jaringan gas (jargas) baru untuk rumah tangga sampai akhir tahun ini. Program ini rencananya akan dilaksanakan berbarengan dengan program konversi kompor elpiji 3kg menjadi kompor listrik induksi yang resmi dibatalkan.

"Jargas baru itu. Rencananya sampai akhir tahun harapannya 300.000 sambungan jargas bisa dipasang," kata Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Masyuri saat ditemui wartawan di Sarinah pada Rabu (28/9).

Pada 2022, pemerintah menargetkan penambahan 40.000 rumah yang tersambung jargas. Ini berarti total rumah yang tersambung jargas ditargetkan mencapai 839.000 SR.

Pembangunan jargas bertujuan untuk diversifikasi energi, pengurangan subsidi, serta penyediaan energi bersih dan murah. Jargas juga mendukung program konversi minyak tanah ke elpiji untuk percepatan pengurangan penggunaan minyak bumi.

Pahala menambahkan, kebijakan jargas rumah tangga merupakan salah satu opsi kebijakan pemerintah untuk subsitusi gas elpiji 3kg. Selain itu, ada juga rencana pengembangan proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME) hingga konversi kompor induksi yang dibatalkan baru-baru ini.

"Banyak sekali pilihannya, apakah itu pengguanan DME, kompor induksi atau jargas. Dari awal rencana kami memang akan dilaksanakan bersama-sama," ujar Pahala.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...