Rusia: Pipa Nord Stream yang Bocor Ada di Wilayah yang Dikendalikan AS

Happy Fajrian
30 September 2022, 17:53
nord stream, rusia, eropa, uni eropa, amerika serikat, amerika, pipa gas, gas
nypost.com
Gelembung gas dari kebocoran pipa Nord Stream 2 di Laut Baltik. Rusia menyebut lokasi kebocoran ada di wilayah yang dikendalikan intelijen Amerika Serikat.

Pemerintah Rusia mengklaim bahwa kebocoran pada pipa Nord Stream berada di zona yang dikendalikan oleh badan intelijen Amerika Serikat (AS). Sehingga tidak mungkin kebocoran ini disebabkan oleh sabotase yang dilakukan pihak Moskow.

Klaim ini dikeluarkan setelah ditemukannya titik kebocoran keempat pada pipa yang mengantarkan gas dari Rusia ke Eropa melalui Jerman itu. Negara barat dan Rusia saling tuduh terkait dalang kebocoran pipa gas Nord Stream.

Dalam beberapa hari terakhir, negara-negara anggota Uni Eropa telah menyelidiki kebocoran yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan di jaringan pipa gas di bawah Laut Baltik. Sejumlah pemimpin negara UE pun menyebutkan kemungkinan adanya sabotase yang dilakukan oleh Rusia..

Jaringan pipa ini menghubungkan Rusia ke Jerman dan telah menjadi pusat ketegangan geopolitik ketika Moskow memotong pasokan gas ke Eropa sebagai pembalasan terhadap sanksi Barat setelah menginvasi Ukraina.

Washington telah menolak sindiran sebelumnya dari Moskow bahwa mereka berada di balik kebocoran tersebut, menyebutnya konyol. Rusia telah mengatakan bahwa dugaan pejabat Eropa bahwa Moskow menyabotase jaringan pipa itu sebagai komentar yang sangat bodoh.

Dari kebocoran keempat yang terdeteksi, Penjaga Pantai Swedia mengatakan pada hari Kamis (29/9) setelah tiga kebocoran dikonfirmasi awal pekan ini. “Ada dua kebocoran di sisi Swedia dan dua kebocoran di sisi Denmark,” kata mereka seperti dikutip Al Jazeera pada Jumat (30/9).

Pejabat itu menambahkan bahwa dua kebocoran di pihak Swedia lokasinya berdekatan. Penjaga Pantai Swedia tidak mengatakan mengapa kebocoran terbaru muncul beberapa hari setelah pelanggaran awal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...