Ekspor Minyak Mentah Rusia Anjlok 8,2% Terdampak Sanksi Eropa

Happy Fajrian
30 September 2022, 19:27
minyak rusia, ekspor, eropa, sanksi
Katadata
Pengeboran minyak lepas pantai.

Ekspor minyak mentah dan produk minyak olahan Rusia turun signifikan pada September, terdampak sejumlah sanksi yang dijatuhkan negara barat atas invasinya ke Ukraina yang masih berlangsung hingga saat ini.

Menurut data Petro-Logistik yang dikutip oleh analis komoditas UBS Giovanni Staunovo, total ekspor minyak mentah Rusia pada September mencapai rata-rata 3,15 juta barel per hari (bph), turun 280.000 bph dari Agustus. Ekspor minyak ke Eropa merosot 314.000 bph menjadi sekitar 900.000 bph.

Advertisement

“Data juga menunjukkan bahwa ekspor minyak mentah ke Asia, yang menjadi pasar terbesar Rusia, turun lebih dari 250.000 bph menjadi rata-rata harian 1,6 juta bph,” kata Staunovo seperti dikutip Oilprice.com, Jumat (30/9).

Dia menambahkan bahwa sekitar 187.000 bph minyak Rusia yang dalam posisi transit di tengah laut masih belum memiliki tujuan tetap. Ekspor produk minyak sulingan turun 146.000 bph bulan ini, menjadi 2,26 juta bph.

Data dari Kpler, di sisi lain, menunjukkan bahwa selama tujuh bulan sejak Maret tahun ini ekspor minyak Rusia telah meningkat pada tahun itu, sebesar 17%. “Ekspor bahan bakar turun 5,5% selama periode yang sama,” kata American Shipper, seperti dikutip oleh bne IntelliNews.

Sementara itu, Energy Intelligence melaporkan bahwa rincian mulai muncul tentang batas harga minyak G7 pada ekspor Rusia. Mengutip delegasi yang tidak disebutkan namanya di konferensi energi APPEC, batas untuk minyak mentah Ural akan ditetapkan sekitar US$ 50 per barel.

Sementara batas ekspor bahan bakar Rusia akan bervariasi antara harga premium untuk sejumlah produk dan harga diskon untuk produk lainnya.

Bensin dan solar adalah di antara produk-produk yang batas harganya akan lebih tinggi dari harga minyak mentah Rusia, sementara nafta dan bahan bakar minyak belerang tinggi akan dibatasi dengan diskon untuk minyak mentah.

Salah satu syarat dari sistem batas harga adalah pihak yang membeli minyak mentah Rusia atau produk di bawah sistem ini akan dilarang menjualnya kembali. “Menariknya, penyulingan yang membeli minyak mentah Rusia di luar sistem batas harga tidak akan dikenai sanksi,” kata Energy Intelligence.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement