Bikin Kesal Amerika, OPEC+ Bakal Pangkas Produksi Minyak 2 Juta Barel

Happy Fajrian
5 Oktober 2022, 11:05
opec, minyak, harga minyak, amerika
Katadata
OPEC+ disebut bakal memangkas produksi minyak hingga sebesar 2 juta barel per hari untuk menopang harga yang tengah turun.

Negara-negara pengekspor minyak yang tergabung dalam OPEC serta sekutunya termasuk Rusia, alias OPEC+, diperkirakan bakal memangkas produksi untuk November sebesar 2 juta barel per hari (bph) pada pertemuan hari ini, Rabu (5/10).

Hal ini diyakini akan membuat kesal Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang telah meminta agar kelompok tersebut mengerek produksinya untuk menurunkan harga bahan bakar di negaranya.

“Harga minyak yang lebih tinggi, jika didorong oleh pengurangan produksi yang cukup besar, kemungkinan akan mengganggu Administrasi Biden menjelang pemilihan paruh waktu AS,” kata analis Citi dalam sebuah catatan, seperti dikutip Reuters, Rabu (5/10).

Menurut Citi, kemungkinan akan ada reaksi politik lebih lanjut dari AS, termasuk rilis tambahan saham strategis bersama dengan beberapa wildcard termasuk pembinaan lebih lanjut dari RUU NOPEC, mengacu pada RUU anti-trust AS terhadap OPEC.

Rencana pemangkasan produksi oleh OPEC+ ini dapat meningkatkan harga minyak yang sempat turun di bawah US$ 90 per barel dari sebelumnya di atas US$ 120 pada Juni, yang dipicu oleh kekhawatiran resesi ekonomi global, naiknya suku bunga dan nilai tukar dolar AS yang kuat.

OPEC+, yang mencakup Arab Saudi dan Rusia, sedang mengupayakan pengurangan lebih dari 1 juta bph. Bahkan salah satu sumber OPEC mengatakan bahwa pemotongan bisa mencapai hingga 2 juta bph.

Sumber tersebut mengatakan masih belum jelas apakah pengurangan dapat mencakup pemotongan sukarela tambahan oleh anggota seperti Arab Saudi atau jika pemotongan dapat mencakup produksi yang ada di bawah kelompok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...