Pipa Minyak Rusia Bocor di Polandia, Kian Ancam Pasokan Energi Eropa

Happy Fajrian
12 Oktober 2022, 17:12
pipa minyak, rusia, druzhba, eropa, krisis energi
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pipa minyak.

Kebocoran terdeteksi pada salah satu pipa Druzhba yang mengalirkan minyak mentah dari Rusia ke Eropa melalui Jerman. Kebocoran ini membuat negara-negara Eropa semakin was-was atas keamanan energinya setelah Rusia menghentikan pengiriman gas melalui pipa gas Nord Stream 1 yang kini juga bocor.

Jalur pipa yang berjuluk Friendship Pipeline ini merupakan jaringan pipa minyak terpanjang di dunia, sepanjang sekitar 4.000 kilometer (km) yang mengalirkan minyak dari sisi timur Rusia, melalui Ukraina, Belarusia, Polandia, Hongaria, Slovakia, Republik Ceko, Austria, dan berakhir di Jerman.

Advertisement

Otoritas Polandia mengatakan bahwa kebocoran ini kemungkinan besar disebabkan oleh kecelakaan. Operator pipa tersebut, PERN, menyebutkan bahwa kebocoran ditemukan pada Selasa (11/10) malam.

“Di sini kita dapat berbicara tentang kerusakan yang tidak disengaja,” kata pejabat tinggi Polandia yang bertanggung jawab atas infrastruktur energi, Mateusz Berger, kepada Reuters, ketika ditanya tentang kemungkinan adanya sabotase.

“Kita hidup di masa yang bergejolak, konotasi yang berbeda mungkin terjadi, tetapi pada tahap ini kita tidak memiliki alasan sama sekali untuk mempercayai itu,” tambahnya.

Eropa berada dalam tingkat kewaspadaan tertinggi atas keamanan infrastruktur energinya sejak kebocoran besar ditemukan bulan lalu di pipa gas Nord Stream 1 dan 2 yang mengalir dari Rusia ke Eropa di bawah Laut Baltik. Baik Barat dan Rusia menyalahkan sabotase.

Berger mengatakan kebocoran itu terletak 70 km barat dari Plock, di mana kilang terbesar Polandia milik PKN Orlen berada. Akibatnya, sebagian dari kapasitas pengiriman ke Jerman tidak tersedia, katanya, seraya menambahkan bahwa perbaikan kemungkinan tidak akan memakan waktu lama.

Sementara PERN mengatakan pasokan ke Jerman berkurang tetapi terus berlanjut, penurunan tekanan terdeteksi, Joerg Steinbach, menteri ekonomi negara bagian Brandenburg Jerman mengatakan kepada kantor berita DPA.

Kondisi Persediaan Minyak di Kilang Jerman dan Polandia

Pipa minyak Druzhba, yang namanya berarti "persahabatan" dalam bahasa Rusia, adalah salah satu yang terbesar di dunia, memasok minyak Rusia ke sebagian besar Eropa tengah termasuk Jerman, Polandia, Belarusia, Hongaria, Slovakia, Republik Ceko dan Austria.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement