Untung-Rugi SPBU Swasta Jual Bensin RON 90 Setara Pertalite

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Oktober 2022, 18:17
spbu vivo, pertalite, bbm, harga bbm, pertamina
Katadata
Pengendara sepeda motor masih antre membeli BBM Revvo 89 di SPBU Vivo walau harganya baru saja naik menjadi Rp 11.600 per liter dari sebelumnya Rp 10.900.

SPBU Vivo akan menjual BBM Revvo 90 yang memiliki nilai oktan atau RON setara dengan Pertalite milik Pertamina. Di setiap SPBU-nya Vivo telah mencantumkan Revvo 90 pada daftar produknya namun belum mencantumkan harganya.

Sebagai informasi, SPBU BP-AKR telah lebih dulu menjual bensin RON 90 dengan merek BP 90 yang dibanderol Rp 15.320 per liter. Meski bakal dijual sesuai harga pasar atau tanpa subsidi, keberadaan Revvo 90 dinilai dapat mengurangi pendapatan Pertamina.

Di sisi lain, sejumlah kalangan juga menilai keberadaan Revvo 90 dapat membantu mengurangi beban Pertamina akibat menjual Pertalite di bawah harga keekonomian.

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan menyambut langkah pemerintah yang mengizinkan perusahaan swasta untuk menjual BBM RON 90. Menurut dia, tumbuhnya minat swasta untuk menjual BBM RON 90 akan mengurangi beban Pertamina dalam menjual Pertalite.

Pemerintah pernah mengatakan bahwa harga keekonomian Pertalite Rp 13.150. Itu artinya, ada selisih harga Pertalite Rp 3.150 dari harga jual eceran Rp 10.000 per liter.

"Saya mendukung Vivo jual RON 90. Gak masalah kalau nanti harga Revvo 90 itu di bawah Pertalite, sekira Rp 9.500 per liter," kata Mamit saat ditemui di Hotel Grand Kemang Jakarta pada Rabu (12/10).

Mamit pun mendorong agar Vivo meluaskan cakupan SPBU hingga wilayah luar Pulau Jawa. Hal ini diharap bisa memberikan pilihan lebih banyak ke masyarakat sekaligus mengurangi beban subsidi atau kompensasi Pertamina.

"Bisa juga Revvo 90 dijual lebih mahal dari Pertalite sekira Rp 10.500 per liter, itu juga gak masalah. Saya yakin pemerintah juga senang. Meskipun menggerus pasar Pertamina, tapi tidak akan signifikan," ujarnya.

Tak Adil Bagi Pertamina

Sikap berseberangan ditunjukan oleh Direktur Eksekutif Indonesian Resources Study (IRESS), Marwan Batubara. Dia menilai langkah SPBU swasta untuk menjual BBM RON 90 setara Pertalite berpotensi merebut pangsa pasar atau total penjualan Pertalite di pasar.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...