Pertamina Gaet Perusahaan Perkapalan Jepang, Garap Bisnis Angkutan LNG

Happy Fajrian
18 Oktober 2022, 18:28
pertamina, perkapalan, jepang, kerja sama, kolaborasi bisnis
Pertamina
Penandatanganan kerja sama bisnis perkapalan antara Pertamina International Shipping dengan Nippon Yusen Kaisha.

Sub Holding Integrated Marine Logistics PT Pertamina International Shipping (PIS) menjalin kerja sama dengan perusahaan perkapalan Jepang, Nippon Yusen Kaisha.

Kedua perusahaan telah menandatangani perjanjian kolaborasi bisnis (basic agreement) yang akan menjadikan Nippon Yusen sebagai mitra strategis PIS, dengan potensi kolaborasi bisnis untuk angkutan LNG di rute domestik maupun internasional.

Penandatanganan perjanjian kolaborasi bisnis ini mencakup point-point penting seperti shareholders agreement (SHA) dan strategic alliance agreement (SAA) terkait potensi investasi dengan perusahaan perkapalan Jepang, Nippon Yusen Kaisha.

Kesepakatan kolaborasi ini ditandatangani oleh Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina (Persero) A. Salyadi Saputra, Direktur Utama Pertamina Pedeve Indonesia Rahmi Amini, CEO PT Pertamina International Shipping Yoki Firnandi, dan Executive Officer Nippon Yusen Kaisha (NYK) Yuji Nishijima, disaksikan Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury.

Direktur SPPU Pertamina A. Salyadi Saputra mengatakan bahwa kesepakatan ini sesuai dengan aspirasi PIS untuk menjadi Asian Leading Integrated Marine Logistics Company.

”Untuk mendukung aspirasi tersebut, di tahun ini PIS memang ditargetkan bisa menjalin kerja sama dengan mitra reputable untuk membantu pengembangan usaha PIS,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Selasa (18/10).

CEO PIS Yoki Firnandi menambahkan kerja sama dengan perusahaan kelas dunia seperti Nippon Yusen Kaisha, tentunya bisa memperluas ekspansi PIS di pasar global sekaligus mengembangkan kapabilitas PIS untuk menjadi perusahaan integrated marine logistics terbesar di Asia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...