Pabrikan Lokal Didorong Produksi Motor Listrik demi Target 2 Juta Unit

Muhamad Fajar Riyandanu
2 November 2022, 19:56
motor listrik, produksi motor listrik
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Founder Alessa Motor Nusantara Ing Tindjaja Soetadji (kiri) dan Co Founder Handodjo Sutjipto (kanan) menunjukkan baterai yang terdapat pada motor listrik eX 3000 yang dipamerkan dalam pameran Indocomtech di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Kementerian Perindustrian mencatat ada 35 pabrik otomotif yang siap memproduksi motor listrik. Sejumlah pabrikan lokal seperti Viar, Polytron dan Gesits didorong untuk masuk lebih jauh ke pasar kendaraan listrik, terutama pada segmentasi sepeda motor.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan pemerintah punya target produksi motor listrik hingga dua juta unit sebelum masa purna Kabinet Indonesia Maju pada 2024 mendatang.

"Sekarang ada 35 pabrik kapasitasnya 1,1 juta. Ini kapasitas ya, tapi utilisasinya masih belum setinggi itu, kita harus bentuk permintaannya," kata Agus saat ditemui di Jakarta Conventional Center (JCC) pada Rabu (2/11).

Satu pabrikan anyar yang akan terjun ke industri motor listrik nasional adalah ION Mobility. Perusahaan asal Singapura ini telah membangun pabrik di Karawang, Jawa Barat dan bakal mulai memproduksi motor listrik pada 2023.

"Sementara yang lokal ada Viar di Semarang sangat impresif, juga pabrik elektronik Polytron juga sudah mulai produksi motor listik, Gesits juga," tutur Agus.

Agus menuturkan, dengan modal 35 pabrik kendaraan listrik yang berdiri di Indonesia, pemerintah bersama pelaku usaha memiliki tugas untuk menciptakan permintaan kendaraan listrik di dalam negeri melalui sejumlah insentif yang diberikan kepada produsen maupun konsumen.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...