Hasil Uji Lemigas Tunjukkan Oktan Revvo 89 Lebih Tinggi dari Pertalite

Muhamad Fajar Riyandanu
4 November 2022, 11:18
bbm, spbu vivo, revvo 89, pertalite, pertamina
Katadata
Hasil pengujian Lemigas menunjukkan kadar oktan Revvo 89 milik SPBU Vivo sedikit lebih tinggi dari Pertalite.

Anggota Komisi VII DPR Fraksi PKS, Mulyanto, membeberkan hasil pengujian Lemigas dan Sucofindo terkait dua jenis BBM yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu, yakni Revvo 89 dari SPBU Vivo dan Pertalite dari Pertamina.

Melalui akun Twitternya @pakmul63, anggota komisi VII tersebut mengunggah dua gambar yang menunjukkan dokumen hasil pengujian Lemigas, Revvo 89 memiliki kadar oktan atau RON sebesar 90,7 sedangkan Pertalite hanya 90,3.

"Dari data yang diuji, tidak ditemukan indikasi yang menyimpang. Cukup menarik: RON Revvo-89 ini yang angka hasil ujinya sedikit lebih baik dari Pertalite," tulis Mulyanto, dikutip pada Jumat (3/11).

Dia juga menambahkan hasil uji ini tidak menemukan indikasi Pertalite lebih boros atau membuat akselerasi mesin kendaraan lebih lamban dibandingkan Revvo 89. Dia pun melanjutkan, parameter lainnya yang diuji, secara umum masuk dalam standar. "Dari data yang diuji tidak ditemukan indikasi yang menyimpang," ujar Mulyanto.

Dokumen hasil uji yang diunggah Mulyanto juga menunjukkan nilai kalor Pertalite dan Revvo 89 yang relatif sama, dengan Pertalite memiliki nilai kalor yang sedikit lebih tinggi.

Dia juga mengunggah hasil pengujian dua BBM tersebut oleh Sucofindo. Beberapa parameter menujukkan hasil yang relatif sama, kecuali kandungan sulfur Pertalite hampir tinggi dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan Revvo 89.

Meski demikian, kini Vivo tak lagi menjual Revvo 89 dan menggantinya dengan Revvo 90 yang dijual seharga Rp 12.600 per liter atau selisih Rp 2.600 dibandingkan Pertalite.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...