Menang Lelang, Conrad Asia Energy Kelola Dua WK Migas di Aceh

Muhamad Fajar Riyandanu
8 November 2022, 14:50
lelang wk migas, kementerian esdm,
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi, pengeboran migas lepas pantai.

Pemerintah melalui Kementerian ESDM menetapkan perusahaan hulu miyak dan gas bumi (migas) asal Australia, Conrad Asia Energy sebagai pemenang lelang Wilayah Kerja (WK) migas Tahap I 2022 melalui penawaran langsung untuk WK Offshore North West Aceh, Meulaboh dan WK Offshore South West Aceh, Singkil.

Jumlah total investasi komitmen pasti dari dua WK migas tersebut sebesar US$ 30 juta atau sekitar Rp 470 miliar dan bonus tanda tangan sebesar US$ 100.000 atau Rp 1,6 miliar.

Advertisement

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa Conrad Asia Energy akan terikat komitmen pasti tiga tahun pertama untuk kegiatan akurasi data Geology & Geophysic/Geoscience atau (G&G), Seismik 3D 500 km2 dan 1 sumur eksplorasi di dua lokasi WK tersebut.

Adapun WK Offshore North West Aceh, Meulaboh terletak di lepas pantai Aceh seluas 9.182 km2 dengan total potensi sekitar 800 juta miliar barel minyak dan 4,8 triliun kaki kubik (TCF) gas. Blok ini dikelola dengan gunakan skema cost recovery dengan bagi hasil 60%:40% untuk produksi minyak dan 55%:45% untuk gas.

Sedangkan WK Offshore South West Aceh, Singkil terletak di lepas pantai Aceh seluas 10.700 km2 dengan total potensi sekitar 1,4 miliar barel minyak dan 8,6 triliun kaki kubik (TCF) gas. Blok ini dikelola dengan gunakan skema cost recovery dengan bagi hasil 60%:40% untuk produksi minyak dan 55%:45% untuk gas.

Keputusan hasil pemenang lelang berdasarkan hasil penilaian atas Dokumen Partisipasi dari peserta lelang yang kemudian ditetapkan dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Tutuka melanjutkan, hingga saat ini lelang reguler WK migas Tahap I 2022 masih berjalan untuk penawaran tiga WK yaitu Arakundo, Bengara I dan South Makassar.

"Jadwal akses dokumen lelang untuk lelang reguler masih dibuka sampai dengan tanggal 15 November 2022, sedangkan pemasukan dokumen partisipasi sampai dengan tanggal 17 November 2022," ujarnya dalam Pengumuman Hasil Lelang Wilayah Kerja ONWA dan OSWA serta Pengumuman Lelang WK Jabung Tengah & Paus yang ditayangkan secara daring pada Selasa (8/11).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement