Elektabilitas Airlangga Rendah, Golkar: Masih Fokus Sebagai Menteri

Ade Rosman
21 November 2022, 22:07
golkar, airlangga hartarto, pilpres, pemilu, elektabilitas
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) berjabat-tangan dengan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi Budi Arie Setiadi (kedua kanan) setibanya di Kantor DPP Partai Golkar, di Jakarta, Senin (7/11/2022).

Partai Golkar mengusung Airlangga Hartarto sebagai bakal calon presiden pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 sesuai dengan hasil amanat Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar Golkar beberapa waktu lalu. Namun, sejumlah pihak memandang, elektabilitas Menko Perekonomian itu belum cukup untuk modal pencapresan.

Sekretaris Jenderal partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, mengatakan elektabilitas Airlangga Hartarto yang masih rendah sebagai calon presiden (capres) karena fokus pada tugasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekenomian.

"Biarlah pak Airlangga tetap fokus kepada tugas-tugasnya, pada gilirannya beliau akan bergabung dengan kami full time," katanya, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (21/11).

Lodewijk mengatakan, pihaknya menanggapi hasil survei sebagai cambuk dan juga sebagai alat memonitor pergerakan Golkar. "Upaya kami tentunya masih punya waktu, masih ada 541 hari dari sekarang untuk yang diharapkan, yaitu elektabilitas Airlangga dan Golkar agar bisa terus naik," katanya.

Selain menargetkan kemenangan pilpres 2024, Lodewijk menyatakan pihaknya juga membidik pileg. "DPP Golkar mencanangkan 20 persen dari kursi di DPR, saat ini 575, kita mencanangkan 115 kursi, dan untuk pilkada kita canangkan 60% dengan roadmap yang disusun," katanya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...