HCML Sepakat Pasok Gas kepada PGN dan PLN dari Lapangan Madura Strait

Happy Fajrian
25 November 2022, 16:17
pln, pgn, gas bumi, jual beli gas, hcml
Katadata
Ilustrasi, fasilitas pemrosesan gas lapangan Jambaran Tiung Biru di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) telah menandatangani head of agreement/HoA untuk jual beli gas bumi (non binding) dengan Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Dalam perjanjian jual beli ini HCML akan mensuplai gas kepada PGN sebesar 14 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) untuk tahun 2022 hingga 2024, dan meningkat menjadi 25 mmscfd mulai 2025 dan seterusnya dengan harga US$ 7 per juta British thermal unit (mmBtu).

Sedangkan dengan PLN, HCML akan mensuplai gas sebanyak 25 mmscfd (interruptible) hingga 50 mmscfd untuk 2023 dengan harga US$ 6,98 per mmBtu hingga 31 Desember 2030 saat berakhirnya kontrak bagi hasil produksi (PSC) atau tanggal pengakhiran perjanjian jual beli gas.

HoA antara HCML dan PGN ditandatangani oleh VP Marketing, Legal & Business Support HCML Wahyudin Sunarya dengan Direktur Utama PGN Muhammad Haryo Yunianto. Sedangkan HoA dengan PLN ditandatangani bersama Direktur Gas dan BBM PLN Batu Bara, Rakhmad Dewanto.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama SKK Migas, sehingga kami dapat menandatangani HoA dengan PLN dan PGN agar realisasi penyerapan gas yang diproduksikan HCML dapat berjalan dengan baik,” kata Wahyudin dalam siaran pers, Jumat (25/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...