Harga Minyak Mentah RI November Turun 1,8% ke US$ 87,50, Ini Pemicunya

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Desember 2022, 18:19
harga minyak
medcoenergi
Blok Migas Rimau.

Harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) bulan November 2022 ditetapkan di level US$ 87,50 per barel. Angka ini turun 1,79% atau US$ 1,60 per barel dari US$ 89,10 per barel pada bulan sebelumnya.

Penetapan ICP November ini tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 174.K/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Bulan November 2022, tanggal 1 Desember 2022.

“Harga rata-rata minyak mentah Indonesia untuk bulan November 2022 ditetapkan sebesar US$ 87,50 per barel,” bunyi diktum keempat Kepmen tersebut, dikutip Kamis (1/12).

Beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan harga minyak mentah utama di pasar internasional, antara lain sinyal Federal Reserve AS untuk menaikkan tingkat suku bunga sebagai upaya untuk mengatasi inflasi. Hal tersebut menyebabkan peningkatan nilai tukar dolar AS dan menurunkan minat investor pada pasar komoditas.

Selain itu, peningkatan kasus Covid-19 di Cina dengan kasus tertinggi sejak Maret 2020, membuat Pemerintah Cina memberlakukan kebijakan Nol Covid yang lebih ketat. Kebijakan itu menimbulkan aksi demontrasi di beberapa wilayah Cina yang memprotes kebijakan Nol Covid Presiden Xi Jinping.

"Kondisi ini menyebabkan kekhawatiran pasar akan penurunan aktifitas ekonomi dan industri serta penurunan konsumsi minyak mentah di negara konsumen minyak mentah terbesar dunia,” demikian dikutip dari Executive Summary (Exsum) Tim Harga Minyak Mentah Indonesia.

Terkait permintaan minyak mentah dunia, berdasarkan laporan OPEC bulan November 2022, terdapat revisi penurunan proyeksi permintaan minyak mentah dunia untuk tahun 2022 sebesar 100 ribu barel per hari (bph) menjadi 99,57 juta bph dibandingkan proyeksi pada bulan sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...