Usai Dilantik, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto Diminta Genjot Produksi

Muhamad Fajar Riyandanu
5 Desember 2022, 16:50
SKK Migas
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dwi Soetjipto diangkat kembali sebagai Kepala SKK Migas.

Usai melantik Dwi Soetjipto sebagai Kepala SKK Migas, Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta agar produksi minyak dapat segera ditingkatkan. Meskipun Indonesia mulai memasuki era transisi energi menuju pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Pasalnya minyak dinilai masih memiliki peran besar sebagai tumpuan sumber energi, terutama untuk sektor transportasi. Apalagi produksi migas mengalami tren menurun yang salah satunya disebabkan oleh penurunan alamiah.

"Dalam periode transisi energi, minyak bumi masih menjadi energi utama untuk transportasi sebelum digantikan kendaraan listrik," kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (5/12).

Arifin mengatakan, realisasi lifting atau produksi minyak bumi siap jual sejauh ini berada di kisaran 618 ribu barel per hari (bph) atau 88% dari target 703.000 bph. Oleh karena itu SKK Migas diminta memperbanyak kegiatan pengeboran sumur pengembangan hingga kegiatan workover dan well services untuk meningkatan produksi minyak nasional.

"Meski ada penurunan produksi, saya minta produksi yang sekarang dijaga kurangi shut down yang tidak direncanakan agar mengurangi impor sehingga pemerintah memiliki ruang pembiayaan energi baru dan terbarukan dan pembangunan lainnya yang jadi prioritas utama," kata Arifin.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...