Pertamina dan Shell Lakukan Uji Tuntas Terkait Akuisisi Blok Masela

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Desember 2022, 19:41
blok masela, pertamina, shell, bumn
Katadata
Ilustrasi lapangan migas.

Kementerian BUMN menyampaikan bahwa Pertamina tengah melakukan due diligence atau uji tuntas terkait akuisisi 35% saham hak partisipasi atau participating interest (PI) Proyek Abadi LNG Blok Masela dari Shell.

Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury mengatakan bahwa Shell memberi tenggat waktu kepada Pertamina. Sehingga Pertamina harus mempercepat proses uji tuntas tersebut.

"Ada tenggat waktu dari Shell, karena itu kami berharap awal tahun 2023 sudah bisa dibicarakan," kata Pahala saat ditemui usai Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VI DPR pada Rabu (7/12).

Dia menjelaskan, Pertamina akan menyampaikan klausul perjanjian atau non-binding offer ihwal pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela setelah kedua pihak selesai melaksanakan uji tuntas.

"Kemudian nanti akan diikuti dengan penyampaian klasul perjanjian yang tentunya akan dilakukan evaluasi oleh Shell soal bagaimana penawaran yang diberikan oleh Pertamina," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pahala tidak memberikan informasi lebih lanjut perihal kesanggupan akuisisi dan besaran dana yang dibutuhkan Pertamina untuk mengakuisisi hak partisipasi Shell. "Angkanya kami belum bicara. Nanti kami bicara setelah pelaksanaan uji tuntas," kata Pahala.

Ditemui di lokasi dan waktu yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Wiko Migantoro menyampaikan bahwa pihaknya telah memasukkan klausul perjanjian kepada Shell untuk pengelolaan Blok Masela.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...