Cina Tampung Minyak Rusia yang Disanksi Barat dengan Diskon Besar

Happy Fajrian
8 Desember 2022, 15:47
minyak, rusia, cina, harga minyak,
Dok. Chevron
Ilustrasi.

Cina menjadi negara yang diuntungkan oleh konflik antara negara-negara barat dengan Rusia. Pasalnya, Negeri Panda menikmati diskon harga minyak terdalam dari Rusia dalam beberapa bulan terakhir dengan harga yang di bayar lebih tinggi dari batas harga yang ditetapkan G7 dan sekutunya.

Batas harga minyak Rusia US$ 60 per barel, yang ditetapkan oleh negara-negara G7, Uni Eropa dan Australia, mulai berlaku pada hari Senin (5/12) untuk membatasi pendapatan Rusia untuk membiayai perangnya di Ukraina. Rusia pun berjanji untuk menentangnya.

Sementara itu Cina, pembeli minyak utama Rusia, belum menyetujui batasan harga tersebut. Pedagang mengatakan mereka melakukan bisnis seperti biasa.

Penyuling independen Cina, mengamankan pengiriman hampir semua berdasarkan pengiriman dari pedagang yang mengatur pengiriman dan asuransi, melindungi penyuling dari kemungkinan sanksi sekunder yang mungkin timbul dari batasan harga.

Minyak mentah light sweet ESPO, jenis yang diekspor ke Cina, disukai oleh penyuling di negara itu karena kedekatannya dan hasil sulingan menengah minyak yang tinggi. Tetapi kebijakan nol-Covid pemerintah Cina telah melemahkan ekonomi negara dan permintaan minyak mentah.

Setidaknya satu kargo ESPO kedatangan Desember dijual minggu lalu ke kilang independen dengan diskon US$ 6 per barel terhadap harga ICE Brent Februari berdasarkan pengiriman-ex-ship (Desember), menurut empat pedagang yang mengetahui kesepakatan tersebut .

Itu lebih murah dibandingkan dengan premium sekitar US$ 1,80 per barel tiga minggu lalu. Pada level Brent saat ini, diskon sebesar US$ 6 per barel setara dengan harga minyak US$ 68 per barel termasuk biaya pengangkutan dan asuransi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...