Harga Minyak Turun, Pertamina dan Shell Mulai Hitung Ulang Harga BBM

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Desember 2022, 16:28
harga bbm, harga minyak, pertamina, shell
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj.
Seorang petugas menunjukkan harga BBM jenis Pertalite yang sudah naik menjadi Rp10 ribu per liter di SPBU Maya jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Sejumlah perusahaan penyedia bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri tengah menghitung-hitung potensi penyesuaian harga BBM seiring melandainya harga minyak mentah dunia. Hari ini, Kamis (8/12) Brent berada di harga US$ 77,62 per barel, dan West Texas Intermediate atau WTI di level US$ 72,54 per barel.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, mengatakan perseroan masih terus memantau pergerakan harga minyak mentah dunia sebelum memutuskan untuk melakukan penyesuaian harga BBM. Sebab penetapan harga BBM tidak hanya dipengaruhi oleh fluktuasi harga minyak.

"Terkait harga itu gak semata-mata mengacu ke harga minyak mentah, tapi harga pasarnya produk itu berapa. Jadi bisa tuh harga crude turun, tapi MOPS Solar maupun MOPS gasoline itu naik. Jadi semuanya tergantung itu sih, kata Alfian saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR pada Kamis (8/12).

Menurutnya, penurunan harga minyak mentah tak serta merta menjadi sebab tunggal penurunan harga BBM. "Jadi tidak ada korelasi," ujar Alfian.

Sikap serupa juga disuarakan oleh Shell. Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian, menyampaikan perusahaan masih terus melihat kondisi pasar dalam menyikapi isu penyesuaian harga BBM menyusul merosotnya harga minyak.

"Kami mempertimbangakan beberapa faktor seperti harga MOPS, volatilitas pasar, nilai tukar mata uang, biaya distribusi, biaya operasional, dan tentunya kinerja perusahaan. Tapi yang pasti, kami akan selalu megikuti regulasi dari pemerintah," ujar Ingrid.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...