Pemerintah Sasar Ojol Sebagai Penerima Subsidi Konversi Motor Listrik

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Desember 2022, 17:36
motor listrik, subsidi, ojol
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listriknya di stasiun pengisian baterai listrik di Kuningan, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk mendorong program konversi motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik. Langkah ini bertujuan mengurangi impor BBM sekaligus meningkatkan serapan listrik nasional.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan bahwa pemerintah akan menyasar para pengemudi ojek online (ojol) sebagai target sasaran subsidi untuk konversi motor listrik. "Itu ojol penting, akan kami prioritaskan," kata Arifin saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM pada Jumat (9/12).

Arifin menambahkan, kebijakan pemberian subsidi untuk akselerasi pengadaan kendaraan listrik masih dibahas dan diharap bisa tuntas sebelum akhir tahun. "Pemberian subsidi ini harus menyentuh ke masyarakat yang memang membutuhkan. Mudah-mudahan sebelum 2023," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Arifin, dia bakal memprioritaskan dana subsidi kendaraan listrik untuk program konversi motor konvensional yang berusia 10 tahun ke atas menjadi motor listrik.

Menurutnya, hal tersebut bisa memancing minat para pemilik motor konvensional untuk beralih kepada penggunaan motor listrik tanpa harus membeli motor listrik baru yang harganya masih relatif tinggi.

Arifin optimistis bahwa kebijakan penyaluran subsidi pada konversi motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik bisa menurunkan beban yang harus ditanggung para pemilik kendaraan.

Alasannya, biaya konversi motor masih berada di kisaran Rp 15 juta per unit atau setara harga motor bebek baru. Adapun biaya konversi tertinggi terletak pada pemasangan baterai yang mencapai Rp 7,5 juta.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...