Survei Poltracking: Erick Thohir Kuda Hitam Cawapres di Pulau Jawa

Happy Fajrian
15 Desember 2022, 22:06
cawapres, erick thohir, pemilu, pilpres
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan paparan saat pembukaan State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (17/10/2022).

Survei Poltracking menghasilkan temuan menarik mengenai peta persaingan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di mana nama Menteri BUMN Erick Thohir melesat menjadi kuda hitam setelah menguasai peta suara di Jawa Tengah.

Nama Erick menyodok di antara nama kepala daerah seperti Ridwan Kamil dan ketua umum partai, seperti Agus Harimurti Yudhoyono.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha menilai munculnya nama Erick adalah fakta yang menarik. Sebab Erick nyatanya tak hanya mampu merebut suara tertinggi cawapres di Jawa Tengah. Erick, kata Hanta, juga memiliki elektabilitas yang cukup tinggi di DKI Jakarta.

“Elektabilitas cawapres di Jawa Tengah ini yang tertinggi ada Erick Thohir, kita tidak mengikutsertakan nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Kedua Ridwan Kamil dan ketiga ada Sandiaga Salahudin Uno, ini simulasi 10 nama," kata Hanta dalam siaran pers, Kamis (15/12/22).

Menurut dia, Erick nyatanya sangat diapresiasi pada lokasi yang selama ini menjadi basis kekuatan Jokowi. Erick, kata Hanta, juga dipersepsikan positif di basis kekuatan Ganjar. “Erick Thohir ini ini seperti ada limpahan basis Pak Jokowi, ini juga basis Ganjar Pranowo," ujar Hanta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...