Menteri ESDM Pastikan ENI akuisisi 62% Saham Chevron di Proyek IDD

Muhamad Fajar Riyandanu
16 Desember 2022, 21:29
proyek migas, laut dalam, idd, chevron, eni, kementerian esdm, menteri esdm
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri ESDM Arifin Tasrif memastikan ENI akan mengakuisisi seluruh saham hak partisipasi (PI) Chevron di proyek Indonesia Deepwater Development (IDD).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengabarkan bahwa perusahaan migas asal Italia, ENI, resmi mengakuisisi 62% saham Chevron di proyek Indonesia Deepwater Development atau IDD fase II yang berlokasi di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur.

Dengan manuver tersebut, ENI menjadi pemegang saham mayoritas di proyek IDD dengan 82% kepemilikan. Status kepemilikan mayoritas ini menjadikan ENI sebagai operator proyek IDD. Hal itu disampaikan Arifin selepas dirinya menemui Chevron pada pertengahan pekan ini.

"Insya Allah positif ambil semua yang punya Chevron," kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (16/12). Meski begitu, dia enggan mengatakan besaran nilai akuisisi. "Itu rahasianya ENI dong. Kan bisnis," ujarnya.

Sebelum pencaplokan saham mayoritas di proyek IDD, ENI hanya menguasasi 20% saham kepemilikan. Sementara Chevron memiliki 62% saham di IDD dan sisanya dikuasai oleh perusahaan migas asal Cina, Sinopec dengan porsi 18%.

Adapun proyek IDD memiliki lima lapangan gas yang akan dikembangkan dalam proyek ini, yaitu Lapangan Bangka, Gehem, Gendalo, Maha, dan Gandang. Simak databoks berikut:

Sebelumnya, Arifin menyebut kementeriannya bakal menemui pihak ENI untuk memberi ketegasan pada pengerjaan proyek IDD. "Besok saya baru mau ketemu sama orang ENI. Kita mau cepet supaya ada kepastian agar bisa cepat produksi," ujarnya saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR pada Selasa (13/12).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...