Soal DBH Migas Meranti, ESDM: Lifting Minyak Turun Sebab Lapangan Tua

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Desember 2022, 07:00
lifting minyak, meranti, dbh migas, migas
www.skkmigas.go.id
Ilustrasi pengeboran migas.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan capaian minyak terangkut atau lifting minyak di Blok Malacca Strait yang terletak di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau mengalami penurunan seiring kondisi lapangan yang sudah menua.

Adapun kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di blok ini adalah EMP Malacca Strait S.A., anak perusahaan hulu migas grup Bakrie, PT Energi Mega Persada Tbk.

Pernyataan Arifin sekaligus menanggapi silang pendapat antara Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil dan Kementerian Keuangan soal alokasi dana bagi hasil (DBH) migas saat Rapat Koordinasi Nasional Optimalisasi Pendapatan Daerah yang diselenggarakan di Pekanbaru, Riau, pada Kamis (8/12).

Kala itu, Adil mengeluhkan jumlah DBH dari pemerintah pusat yang menurutnya tak sepadan jika dibandingkan dengan asumsi harga minyak mentah yang mencapai US$ 100 per barel.

"Memang agak turun, sudah tua lapangannya. Data dari SKK Migas memang menunjukkan demikian. Tapi memang, meskipun demikian harga dari komoditasnya cukup bagus kan," kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (16/12).

Lebih lanjut, fluktuasi lifting minyak ikut berperan dalam menentukan besaran DBH dari daerah penghasil migas. Dalam urusan hitung-hitungan DBH, Kementerian ESDM hanya berperan dalam penghitungan realisasi produksi dan lifting migas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...