SKK Migas Masih Cari Calon Pembeli 9 Uncommitted Cargo LNG Tahun ini

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Desember 2022, 17:47
lng, skk migas,
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi kargo LNG.

Satuan Kerja Khusus Pelakasana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memproyeksikan ada 8 hingga 9 sisa kargo liquefied natural gas (LNG) yang belum terkontrak atau uncommitted cargo hingga akhir tahun 2022.

Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas, Kurnia Chairi, mengatakan pihaknya masih mencari konsumen untuk menjual uncommitted cargo ke pasar bebas atau spot. Jumlah uncommitted cargo tersebut, belum termasuk potensi tambahan pasokan gas dari Tangguh Train 3 yang akan melakukan proses decommissioning pada awal 2023.

Advertisement

Potensi uncommitted cargo sejatinya berasal dari Terminal LNG Bontang, Kalimantan Timur. "Masih ada sekitar 8-9 uncommitted cargo," kata Chairi saat ditemui di Hotel Dharmawangsa Jakarta pada Senin (19/12).

Meski begitu, Chairi mengatakan SKK Migas bakal mengutamakan permintaan gas domestik di dalam negeri sebelum menjual uncommitted cargo ke pasar spot. "Kami lihat kebutuhan di dalam negeri seperti apa, kalau memang di dalam negeri masih membutuhkan, kami akan prioritaskan," ujar Chairi.

Adapun SKK Migas pada tahun ini menargetkan total produksi siap jual atau lifting LNG sebanyak 206 standar kargo pada 2023 yang masing-masing berasal dari Kilang LNG Tanggung sebanyak 126 kargo dan 80 kargo dari Kilang LNG Bontang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement