Proyek Smelter Kerek Konsumsi Listrik PLN Tahun ini Sebesar 6,6%

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Desember 2022, 18:48
smelter, konsumsi listrik, pln
123RF.com/miraclemoments
Ilustrasi smelter.

PLN melaporkan konsumsi listrik naik 6,6% hingga pertengahan Desember 2022. Peningkatan ini terutama berasal dari sektor industri dan komersial setelah meredup pada 2020 hingga 2021. Adapun permintaan terbesar berasal dari pabrik pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter.

Wakil Presiden Eksekutif Perencanaan Sistem Ketenagalistrikan PLN, Warsono, mengatakan bahwa meningkatnya serapan listrik setelah meredanya Pandemi Covid-19 akan terus berlanjut hingga tahun selanjutnya. Keberadaan smelter disebut dapat mengonsumsi 280-300 megawatt (MW) listrik.

"Tahun ini tumbuh naik di atas 6%. Yang menarik adalah naik dari sisi kebutuhan insdustri setelah turun pada saat Pandemi Covid-19," kata Warsono saat ditemui di Hotel Dharmawangsa Jakarta pada Senin (19/12).

Dalam proyeksi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPLT) 2019-2028, total permintaan listrik akan meningkat rata-rata 6,42% dalam kurun waktu 10 tahun.

Hitung-hitungan itu berdasarkan pada asumsi peningkatan permintaan listrik dari sejumlah kawasan industri khusus yang dibangun oleh pemerintah untuk kepentingan program hilirisasi mineral hasil tambang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...