ESDM Umumkan Pemenang Lelang Dua WK Migas, Total Investasi Rp 490 M

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Desember 2022, 14:20
wk migas, lelang migas, wk jabung tengah, wk paus, blok migas
dokumentasi Pertamina
Ilustrasi wilayah kerja migas. Kementerian ESDM mengumumkan pemenang lelang dua WK Migas, yakni WK Jabung Tengah dan WK Paus.

Kementerian ESDM mengumumkan pemenang untuk dua lelang wilayah kerja (WK) migas, yakni WK Jabung Tengah dan WK Paus dengan total investasi dan komitmen pasti mencapai sekitar Rp 490 miliar.

Lelang WK migas Jabung Tengah dimenangi oleh konsorsium PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Rukun Raharja Tbk. WK migas ini lokasinya menyilang antara wilayah daratan dan lepas pantai Natuna Timur di Provinsi Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, dengan luas area mencapai 8.728,34 km2.

Nilai investasi dari komitmen pasti dari WK Jabung Tengah sebesar US$ 16.550.000 atau sekitar Rp 260 miliar dan bonus tanda tangan US$ 150.000 atau Rp 2,35 miliar. Adapun WK Jabung Tengah memiliki estimasi sumber daya migas sebesar 200 juta barel setara minyak (mmboe).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa konsorsium tersebut akan terikat komitmen pasti tiga tahun pertama untuk kegiatan 3 studi Geology & Geophysic/Geoscience atau (G&G), akuisisi seismik dan processing 2D 500 km, dan 2 sumur eksplorasi.

"Lelang yang dimulai sejak 8 November dan berakhir pada 9 Desember 2022 , dan pemeang lelang telah melalui seleksi pengujian oleh tim, Maka untuk WK Jabung Tengah adalah konsursium PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Rukun Raharja TBK," kata Tutuka dalam siaran pers daring yang disiarkan melalui Youtube pada Rabu (28/12).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...