Serap Minyak yang Diembargo Negara Barat, Cina Jadi Pahlawan Rusia

Happy Fajrian
30 Desember 2022, 20:13
minyak, cina, rusia, putin, xi jinping
kremlin.ru
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Cina Xi Jinping melakukan video conference pada Jumat (30/12), membicarakan ekspor komoditas energi dan penguatan kerja sama militer.

Cina menjadi penolong Rusia dari sanksi yang dijatuhkan negara-negara barat atas kondisi di Ukraina. Hal tersebut dilakukan Negeri Panda dengan mengimpor lebih banyak minyak mentah yang ditolak oleh sejumlah negara Barat, mulai dari Uni Eropa hingga Amerika Serikat (AS).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia telah menjadi negara pemasok minyak dan gas utama Cina. Putin menyebut Rusia telah menggeser Arab Saudi sebagai pemasok minyak mentah utama Negeri Panda.

Advertisement

“Menurut laporan akhir tahun ini, Rusia telah menjadi pengekspor minyak nomor satu ke Cina,” ujarnya kepada Presiden Cina Xi Jinping melalui video conference, seperti dikutip Reuters, Jumat (30/12).

Sampai dengan November ekspor minyak Rusia ke Cina melonjak hingga dua kali lipat menjadi 1,09 juta barel per hari (bph) dibandingkan level pada Februari 670 ribu bph. Sedangkan gas, Rusia telah mengekspor sekitar 13,8 miliar meter kubik melalui pipa Power of Siberia untuk 11 bulan tahun ini.

Ekspor komoditas energi Rusia ke Cina telah meningkat tajam sejak Moskow mengirim angkatan bersenjatanya ke Ukraina pada 24 Februari, setelah negara-negara Barat memberlakukan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia.

Wakil Perdana Menteri Alexander Novak mengatakan pada 29 November bahwa ekspor energi Rusia ke Cina nilainya telah meningkat sebesar 64% tahun ini, meski hanya terjadi peningkatan sebesar 10% dalam volume.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement