Ribuan Warga Wuhan Rayakan Tahun Baru 2023 di Tengah Lonjakan Covid-19

Happy Fajrian
1 Januari 2023, 08:30
tahun baru 2023, cina, wuhan, covid-19
nypost.com
Tahun baru 2023 di Wuhan, Cina, dirayakan di tengah lonjakan kasus Covid-19 setelah kebijakan pembatasan ketat Nol-Covid dicabut pemerintah Cina.

Ribuan orang berkumpul di pusat kota Wuhan, Cina, pada Sabtu (31/12) malam untuk merayakan tahun baru 2023. Warga Negeri Panda berharap 2023 akan menjadi tahun yang jauh lebih baik setelah tahun 2022 yang dipenuhi dengan penguncian wilayah dan lonjakan kasus baru Covid-19.

Banyak yang melepaskan balon ke langit ketika jam berdentang tengah malam, sesuai tradisi di kota Cina tengah tempat pandemi dimulai tiga tahun lalu, sebelum berswafoto dengan teman-teman mereka.

Advertisement

“Pada tahun lalu, saya merasa Covid-19 sangat serius dan beberapa anggota keluarga saya dirawat di rumah sakit,” kata siswa sekolah menengah Wuhan berusia 17 tahun, bermarga Wang, seperti dikutip Reuters, Minggu (1/1). “Saya berharap mereka akan sehat di tahun baru. Ini yang paling penting.”

Beberapa datang dengan pakaian mewah dan hampir semua orang yang hadir mengenakan masker. Perusahaan data kesehatan berbasis di Inggris, Airfinity, melaporkan lonjakan kasus baru Covid-19 di Cina setelah pembatasan dicabut dengan angka kematian sekarang mencapai sekitar 9.000 per hari.

“Saya takut,” kata seorang wanita bermarga Jin, merujuk pada kemungkinan terinfeksi ulang Covid-19. “Saya masih takut saat keluar malam ini, tapi saya hanya ingin keluar, karena semua orang sudah keluar.”

Reuters melaporkan kerumunan warga pada malam tahun baru di Wuhan diawasi oleh sejumlah besar petugas polisi, SWAT, personel berpakaian preman tak dikenal, dan petugas keamanan lainnya.

Pada akhir November, ratusan orang ikut serta dalam demonstrasi penguncian di jalan-jalan kota di seluruh negeri termasuk Wuhan. Menyusul protes tersebut, Cina mencabut pembatasan yang ketat dalam kebijakan nol Covid mereka.

“Pembatasan itu diberlakukan terlalu lama, jadi mungkin orang-orang sangat tidak senang,” kata Chen, warga Wuhan berusia 24 tahun yang bekerja di e-commerce. “Sudah lama sejak hal-hal hidup dan bersemangat. "

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement