Conrad Asia Energy Resmi Kelola Dua Blok Migas di Aceh selama 30 Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
5 Januari 2023, 13:59
migas, wk migas, conrad asia energy, blok migas
Medco Energi
Ilustrasi wilayah kerja migas.

Conrad Asia Energy resmi ditunjuk sebagai pengelola Wilayah Kerja (WK) Migas Offshore North West Aceh, Meulaboh dan WK Offshore South West Aceh, Singkil selama 30 tahun atau hingga 2053.

Keputusan ini ditetapkan usai CEO Conrad Asia Energy Miltos Xynogalas dan Menteri ESDM Arifin Tasrif menandatangani kontak bagi hasil di Kantor Kementerian ESDM pada Kamis (5/1).

Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji mengatakan bahwa total investasi komitmen pasti dari penandatanganan kontrak bagi hasil dua WK tersebut mencapai US$ 30 juta atau setara Rp 468 miliar dengan kurs Rp 15.613 per dolar AS, dan bonus tanda tangan sebesar US$ 100.000 atau Rp 1,56 miliar.

"Kedua kontak bagi hasil cost recovery tersebut merupakan kontrak eksplorasi dengan jangka waktu 30 tahun dengan split bagi hasil 60:40 untuk minyak dan 55:45 untuk gas," kata Tutuka.

Ditemui usai seremoni penandatanganan kontrak bagi hasil, Miltos Xynogalas mengatakan langkah ini merupakan aksi perusahaan untuk memperluas cakupan kegiatan eksplorasi migas di Indonesia.

Sebelum resmi ditunjuk sebagai pengelola WK Meulaboh dan WK Singkil, Conrad telah lebih dulu menjadi operator di Blok Duyung yang berlokasi di Cekungan Natuna Barat, Perairan Natuna.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...