Pemerintah Tetapkan Kuota Pertalite Tahun ini 32,56 Juta KL

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Januari 2023, 11:54
pertalite, bbm, bbm bersubsidi
Katadata | Arief Kamaludin
Pemerintah alokasikan kuota BBM bersubsidi jenis Pertalite tahun ini sebesar 32,56 juta KL

Pemerintah menetapkan kuota BBM bersubsidi Pertalite tahun ini sebanyak 32,56 juta kilo liter atau lebih tinggi 8,85% dari kuota Pertalite tahun lalu sebesar 29,91 juta KL. Sedangkan kuota untuk solar ditetapkan 17 juta KL dan minyak tanah 500.000 KL.

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, mengatakan kuota Pertalite tahun 2023 mengalami peningkatan kurang lebih 2,6 juta KL dari tahun sebelumnya. "Hal ini didasari oleh tren konsumsi bulanan BBM Tahun 2022 yang sudah mendekati normal setelah mengalami penurunan saat pandemi," kata Erika dalam siaran pers yang dikutip pada Senin (9/1).

Advertisement

Lebih lanjut, kata Erika, hitung-hitungan penambahan kuota juga mengacu Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 191 Tahun 2014, dimana belum ditetapkan Rincian konsumen pengguna dan titik serah untuk Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite.

Saat ini, BPH Migas dan para pemangku kepentingan yang lainnya sedang membahas revisi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Adanya regulasi tersebut diharap bisa meningkatkan pengendalian penyaluran BBM melalui pemanfaatan teknologi informasi MyPertamina. Nantinya hanya konsumen yang terdaftar yang dapat dilayani untuk memperoleh Solar dan Pertalite.

Sebagai informasi, Badan Usaha Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian Kuota Volume Penyalur Solar yaitu PT Pertamina Patra Niaga dan PT AKR Corporindo. Sementera untuk Pertalite, Badan Usaha Penugasan secara Nasional oleh PT Pertamina Patra Niaga.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement