ESDM Lobi Perbankan Untuk Salurkan Pembiayaan Proyek Smelter Bauksit

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Januari 2023, 16:31
smelter, perbankan, bauksit, larangan ekspor bauksit
123RF.com/Chutima Chaochaiya
Ilustrasi smelter minerba.

Kementerian ESDM melobi perbankan nasional untuk mendorong percepatan hilirisasi bauksit. Hal ini menyusul keluhan para pelaku usaha yang sulit memperoleh pendanaan dari bank untuk proyek pabrik pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter.

Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batu Bara, Tri Winarso, mengatakan pihak Kementerian ESDM tengah mencari solusi terbaik untuk mengakselerasi persiapan infrastruktur penunjang pelarangan ekspor bijih bauksit yang mulai berjalan pada Juni mendatang.

"Baru mau didiskusikan secara intens, musti diskusi juga dengan pihak bank yang bersangkutan. Sementara ini belum," kata Tri saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (9/1).

Tri melanjutkan, pihak bank umumnya akan melihat arus kas perusahaan sebelum memutuskan untuk memberi pendanaan pada pembangunan smelter.

Menurut hitungan pelaku usaha, dibutuhkan rata-rata belanja modal senilai US$ 1,2 miliar atau setara Rp 18,6 triliun untuk membuat satu unit smelter dengan kapasitas pengolahan 6 juta ton bijih bauksit menjadi 2 juta ton alumina per tahun.

"Nanti arus kas dari perusahanan itu seperti apa kalau misalnya smelter itu terbangun, ya musti harus ketemu dulu dengan banknya," ujarnya.

Tri juga menyampaikan bahwa kemajuan pembangunan smelter bauksit di dalam negeri sejauh ini masih berada di angka tiga unit dari 12 unit smelter yang dibangun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...