ESDM Ungkap Penyebab Awal Kebakaran Rig PetroChina di WK Migas Jabung

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Januari 2023, 16:58
Gedung Kementerian ESDM
Website Kementerian ESDM
Gedung Kementerian ESDM

Kebakaran terjadi pada Rig Bohai-85 di sumur WBD-7 Wilayah Kerja (WK) migas Jabung, Jambi yang dioperatori PetroChina International Jabung Ltd. pada Senin (9/1). Kementerian ESDM telah menerjunkan Inspektur migas ke lokasi.

Saat ini, Tim Inspektur Migas masih terus melakukan investigasi untuk mencari fakta dan penyebab kejadian yang menyebabkan dua orang mengalami luka bakar. Kedua korban tersebut telah mendapatkan penanganan medis dan satu orang korban dengan luka ringan sudah diperbolehkan kembali pulang pada Selasa (10/1).

Advertisement

"Hasil investigasi awal bahwa kejadian kebakaran diawali saat asisten elektrik menyalakan power shale shaker, kemudian terjadi percikan api yang mengenai lapisan minyak di atas tangki lumpur sehingga terjadi kebakaran," kata Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra dalam siaran pers, Rabu (11/1).

Mirza melanjutkan, investigasi oleh Tim Inspektur Migas yang ke lokasi sejak Selasa (10/1), masih berlanjut dan akan dilaporkan secara lengkap setelah pemeriksaan selesai seluruhnya.

Hasil investigasi awal juga menjelaskan pemadaman api dilakukan dengan menggunkan fire pump dan sumur di shut-in sementara. "Kebakaran berhasil dipadamkan oleh tim firefighting dalam waktu 15 menit," ujar Mirza.

Kebakaran Rig Bohai-85 di sumur WBD-7 WK Jabung di Jambi terjadi Senin (9/1). Hingga saat ini, kegiatan produksi migas di WK Jabung masih berlangsung normal, sembari dilakukan investigasi.

Sebelumnya SKK Migas mencatat perolehan capaian minyak terangkut atau lifting minyak hingga menjelang tutup tahun 2022 terus mengalami penurunan. Hingga akhir November realisasi lifting minyak berada di angka 612,5 ribu barel per hari (bph).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement