Elon Musk Pangkas Harga Mobil Tesla hingga 20% di AS, Eropa, dan Asia

Happy Fajrian
15 Januari 2023, 10:18
tesla, elon musk, mobil listrik, harga mobil tesla
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Pengunjung mengamati mobil listrik Tesla Model X yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Tesla memangkas harga mobil listriknya secara global hingga mencapai 20%. CEO Tesla Elon Musk mengatakan penurunan harga ini demi mempertahankan pertumbuhan di tengah ancaman resesi dan tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Dia mengakui bahwa harga mobil Tesla telah menjadi sangat tinggi lantaran permintaan melebihi pasokan. Namun harga yang terlalu tinggi juga berpotensi memukul permintaan di masa mendatang.

Reuters melaporkan bahwa Tesla memangkas harga mobilnya di pasar Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, melanjutkan pemangkasan harga di Asia sepekan sebelumnya.

Analis menilai langkah ini adalah strategi Tesla untuk memukul pesaing-pesaingnya yang lebih kecil serta produsen otomotif tradisional yang mulai beralih dari bisnis kendaraan berbahan bakar minyak dan meningkatkan kapasitas produksi mobil listriknya.

“Persaingan telah datang, dan mereka (Tesla) merespons itu dengan memangkas harga,” kata ketua Great Hill Capital, Thomas Hayes, seperti dikutip dari Reuters pada Minggu (15/1).

Pemangkasan harga ini akan membuat mobil listrik Tesla lebih terjangkau bagi konsumen yang sebelumnya tidak mampu membelinya. Di Prancis dan AS, pembeli dapat memanfaatkan pemangkasan harga dan kredit pajak federal yang membuat harga turun lebih besar.

Di Amerika, Tesla memangkas harga dua mobil terlarisnya di pasar global, yakni sedan Model 3 dan SUV Crossover Model Y sebesar 6-20%. Artinya, Model Y harganya turun dari US$ 65.990 menjadi US$ 52.990 per unit.

Itu belum termasuk kredit pajak federal AS senilai US$ 7.500 untuk berbagai jenis kendaraan listrik yang mulai berlaku pada 1 Januari. Sehingga diskon harga mobil Tesla di pasar AS dapat mencapai 30%. Tesla juga memangkas harga SUV crossover mewah Model X dan sedan Model S di AS.

Sementara di Eropa, harga mobil listrik Tesla turun mulai 1% hingga 17% untuk Model 3 dan Model Y. Mobil terlaris di pasar tersebut, Model Y, kini harganya turun € 9.100 menjadi € 44.890 per unit. Harga ini juga berlaku untuk Austria, Swiss, dan Prancis.

Pembeli dari Prancis juga akan mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar € 5.000 melalui skema subsidi mobil listrik yang nilainya dapat mencapai € 47.000.

Langkah Musk memangkas harga ini membuat mobil-mobil Tesla memenuhi persyaratan untuk mendapatkan program subsidi, salah satunya di Amerika.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait