Elon Musk Pangkas Harga Mobil Tesla hingga 20% di AS, Eropa, dan Asia

Happy Fajrian
15 Januari 2023, 10:18
tesla, elon musk, mobil listrik, harga mobil tesla
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Pengunjung mengamati mobil listrik Tesla Model X yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Tesla memangkas harga mobil listriknya secara global hingga mencapai 20%. CEO Tesla Elon Musk mengatakan penurunan harga ini demi mempertahankan pertumbuhan di tengah ancaman resesi dan tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Dia mengakui bahwa harga mobil Tesla telah menjadi sangat tinggi lantaran permintaan melebihi pasokan. Namun harga yang terlalu tinggi juga berpotensi memukul permintaan di masa mendatang.

Advertisement

Reuters melaporkan bahwa Tesla memangkas harga mobilnya di pasar Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, melanjutkan pemangkasan harga di Asia sepekan sebelumnya.

Analis menilai langkah ini adalah strategi Tesla untuk memukul pesaing-pesaingnya yang lebih kecil serta produsen otomotif tradisional yang mulai beralih dari bisnis kendaraan berbahan bakar minyak dan meningkatkan kapasitas produksi mobil listriknya.

“Persaingan telah datang, dan mereka (Tesla) merespons itu dengan memangkas harga,” kata ketua Great Hill Capital, Thomas Hayes, seperti dikutip dari Reuters pada Minggu (15/1).

Pemangkasan harga ini akan membuat mobil listrik Tesla lebih terjangkau bagi konsumen yang sebelumnya tidak mampu membelinya. Di Prancis dan AS, pembeli dapat memanfaatkan pemangkasan harga dan kredit pajak federal yang membuat harga turun lebih besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement