SKK Migas Ramal Harga Minyak 2023 Tetap Tinggi, Tembus US$ 110/barel

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Januari 2023, 12:20
harga minyak, skk migas,
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan peninjauan pompa angguk di lokasi Sumur Bor Lapangan Duri, Riau (30/12/2022).

SKK Migas memproyeksikan harga minyak mentah dunia akan tetap tinggi sepanjang tahun 2023. Dalam hitung-hitungan SKK Migas, harga minyak diprediksi bakal terus bergerak di rentang harga minimun US$ 70 per barel hingga lebih dari US$ 110 per barel.

Kepala SKK Migas, Dwi Soejipto, menyampaikan ada tiga prediksi skenario harga minyak dunia. Harga minyak tinggi dalam ketiga skenario itu. Fluktuasi harga minyak disebut sangat bergantung pada faktor geopolitik Rusia-Ukraina, pertumbuhan ekonomi Cina dan siasat OPEC+ dalam mengatur laju produksi minyak.

Advertisement

Prediksi harga minyak yang pertama berangkat dari perkiraan pasokan minyak yang turun akibat hilangnya ekspor minyak Rusia di saat permintaan minyak dunia meningkat tajam. Pada kondisi tersebut, harga minyak diproyeksikan naik hingga di atas US$ 110 per barel.

"Jadi ada yang memperkirakan di atas US$ 110 per barel. Dimana kalau ekspor minyak Rusia off maka harga akan meningkat," kata Dwi saat konferensi pers di Kantor SKK Migas Jakarta pada Rabu (18/1).

Prediksi harga minyak yang lebih moderat berada di antara harga US$ 80 hingga US$ 100 per barel atau disebut skenario base case. Hitung-hitungan ini berangkat dari kondisi permintaan minyak yang berada di bawah suplai.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement