Negara Eropa Tujuan Ekspor Batu Bara RI 2022: Kroasia dan Latvia Debut

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Januari 2023, 18:49
ekspor batu bara, eropa, uni eropa
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (29/11/2022).

Sejumlah negara Eropa belakangan tengah mencari sumber energi alternatif seiring adanya dampak krisis energi yang disebabkan oleh perang Rusia dan Ukraina sejak awal tahun 2022 dan masih berlangsung hingga kini.

Guna menekan dampak krisis energi, sejumlah negara kembali menggunakan energi fosil batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Salah satu upaya yang dilakukan yakni menjalin kontrak jual beli batu bara dengan Indonesia

Advertisement

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya permintaan batu bara dari beberapa negara Eropa yang sebelumnya tidak melakukan pembelian dari Indonesia.

Permintaan batu bara umumnya datang dari negara yang terkena dampak krisis energi akibat aksi Rusia yang menghentikan ekspor batu bara ke Eropa ada awal Agustus 2022, serta memangkas aliran gas melalui jalur pipa Nord Stream 1.

Langkah Rusia merupakan sikap balasan terhadap sejumlah sanksi yang dijatuhkan kepada Moskow atas aksi militernya di Ukraina.

Langkah yang dilakukan UE dibalas dengan tindakan Rusia yang menghentikan pasokan gas ke sejumlah anggota UE seperti Jerman, Prancis dan Italia. Mengutip catatan BPS, berikut daftar negara Eropa yang membeli batu bara Indonesia untuk menekan krisis energi:

1. Polandia

Peningkatan volume ekspor batu bara ke kawasan Eropa terasa signifikan seiring langkah Polandia yang menjadi pengekspor batu bara terbesar Indonesia dari Eropa yang mencapai 2,38 juta ton senilai US$ 338,15 juta sepanjang tahun 2022. Sebelumnya pada 2021 tidak ada permintaan batu bara dari Polandia.

Kepala Kamar Dagang Batu bara Polandia Lukasz Horbacz mengatakan, penurunan impor dari Rusia dimulai pada Januari ketika Moskow mulai mengirim tentara ke Ukraina. "Tetapi alasan utama dari kelangkaan ini adalah embargo yang langsung berlaku. Itu membuat pasar terbalik," ujarnya kepada Reuters.

Pada 2021, Polandia mengimpor 12 juta ton batu bara, 8 juta ton di antaranya berasal dari Rusia dan digunakan oleh rumah tangga dan pabrik pemanas kecil. Pada Juli 2022, Polandia memerintahkan dua perusahaan milik negara untuk mengimpor beberapa juta ton bahan bakar dari sumber lain termasuk Indonesia, Kolombia dan Afrika.

Polandia juga memperkenalkan subsidi untuk pemilik rumah yang menghadapi lonjakan harga batu bara dua kali lipat atau tiga kali lipat dibandingkan musim dingin lalu. "Sebanyak 60% dari mereka yang menggunakan batu bara untuk pemanas mungkin terpengaruh oleh kemiskinan akibat harga energi," kata Horbacz.

2. Italia

Sama seperti Polandia, Italia tidak mengimpor batu bara dari Indonesia pada 2021. Namun hal itu terbalik pada tahun 2022. BPS mencatat volume ekspor batu bara RI ke Italia masuk urutan dua besar dalam torehan ekspor emas hitam ke benua biru, dengan jumlah 1,52 juta ton senilai US$ 418,14 juta.

Satu diantara para produsen domestik yang mengirim batu bara ke Italia adala PT Bukit Asam atau PTBA. PTBA turut mengambil peluang krisis energi dengan menandatangani kontrak ekspor batu bara ke Italia sebanyak 140.000 metrik ton (MT) pada semester I.

3. Belanda

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement