RI Temukan 22 Sumur Migas Baru pada 2022, Total Sumber Daya 579 MMBOE

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Januari 2023, 13:44
migas, eksplorasi migas, skk migas
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas menyaksikan pengeboran sumur perdana PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau (1/1/2023). Pengeboran menggunakan Rig ACS-19.

SKK Migas mencatat ada 22 penemuan sumur eksplorasi migas sepanjang 2022 dengan total sumber daya mencapai 579 juta barel setara minyak (MMBOE). Ke-22 sumur tersebut terdiri dari 14 sumur gas, 7 sumur minyak dan gas serta 1 sumur minyak.

Deputi Eksplorasi, Pengembangan, dan Manajemen Wilayah Kerja, Benny Lubiantara, mengatakan sejatinya SKK Migas telah menyelesaikan 27 sumur dengan 5 sumur diantaranya yang tak menghasilkan minyak maupun gas atau dry.

Dua sumur yang kering atau dry yakni sumur BDA-2X yang tajak oleh PT Pertamina Hulu Energi di Sumetera Selatan dan Sumur SGD-1 yang dibor oleh PT Energi Mega Persada di Blok Bentu Pekanbaru, Riau.

Benny menambahkan pihaknya akan mempercepat analisa kandungan sumber daya sumur menjadi cadangan, agar segera mengetahui volume pasti dari minyak dan gas yang bisa dikuras dari tiap-tiap lapangan.

"Ini kan masih sumber daya, PR-nya adalah bagaimana mempercepat agar ini supaya jadi cadangan," kata Benny saat konferensi pers di Kantor SKK Migas Jakarta pada Rabu (18/1).

Dalam laporannya, Benny memaparkan bahwa mayoritas temuan sumur eksplorasi berada di wilayah sumatera. Pertamina EP menemukan dua sumur di Sumatera Utara yang diketahui punya potensi sumber daya gas, yakni sumur Camelia-001 dan Sumur Kenanga-001.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...