Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru Hingga 1.400 bph di Blok Rokan

Pertamina berhasil menemukan cadangan minyak baru dari empat sumur eksisting di Blok Rokan, dari lapisan-lapisan yang belum teridentifikasi sebelumnya.
Muhamad Fajar Riyandanu
20 Januari 2023, 16:33
blok rokan, pertamina, cadangan minyak
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Suasana lokasi di Rig (alat pengeboran minyak bumi) PDSI 49 milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau, Senin (8/8/2022).

Upaya Pertamina Hulu Rokan (PHR) dalam mengoptimalisasi produksi minyak di Blok Rokan membuahkan hasil yang positif. Pada dua pekan di awal 2023, PHR berhasil menemukan cadangan minyak baru dari empat sumur andalan dengan cadangan yang cukup besar.

Keempat lapangan minyak tersebut yaitu Lapangan Minas, Petani, Benar dan Bekasap yang menghasilkan 1.000-1.400 barel per hari (bph). Direktur Utama PHR, Jaffee A Suardin, mengatakan sumur-sumur ini akan menjadi prioritas dalam kegiatan pengeboran.

Adapun keempat sumur yang menjadi priotitas ini berada di sekitar lapangan eksisting. Melalui survei perusahaan, PHR menemukan potensi minyak pada lapisan-lapisan yang sebelumnya belum teridentifikasi.

“Keberhasilan PHR di awal tahun ini tidak terlepas dari penerapan teknologi serta kejelian dan kreativitas para engineer PHR dalam mengamati potensi cadangan minyak di WK Rokan,” kata Jaffee dalam siaran pers, Jumat (20/1).

Penemuan cadangan minyak baru ini menggunakan teknik pengeboran dalam atau deep GGRP review dengan menargetkan area yang belum ditembus oleh sumur eksisting di sekitarnya.

Begitu pula di Lapangan Petani, dengan mempelajari target reservoir lebih dalam di lapisan sand pematang yang belum tereksploitasi dengan masif sebelumnya.

Tidak hanya mempercepat pengeboran pada lapangan-lapangan besar, PHR juga mengevaluasi kembali data-data seismik dan sumur-sumur di lapangan-lapangan kecil yang sebelumnya pernah ditinggalkan, namun masih memiliki potensi minyak yang besar.

Jaffe menyampaikan, capaian awal tahun ini tidak terlepas dari kolaborasi dan dukungan segenap stakeholder yang tidak membatasi PHR dalam melakukan upaya-upaya untuk terus meningkatkan produksi melalui program-program eksplorasi dan eksploitasi yang masif dan agresif.

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama dan dukungan dalam memperoleh berbagai perizinan seperti IPPKH, AMDAL dan lainnya yang membantu PHR dalam mempermudah kegiatan pengeboran,” lanjut Jaffee.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, menyambut baik temuan cadangan minyak ini. Melalui penemuan-penemuan cadangan minyak ini, produksi PHR akan mendorong upaya pemerintah dalam pencapaian 1 juta barel per hari pada 2030.

“Kami terus mendorong KKKS di Provinsi Riau, khususnya Pertamina Hulu Rokan untuk terus masif dan agresif dalam upaya penambahan produksi dari Wilayah Kerja Rokan dengan tetap mengutamakan aspek HSSE,” kata Rikky.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait