Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru Hingga 1.400 bph di Blok Rokan

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Januari 2023, 16:33
blok rokan, pertamina, cadangan minyak
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Suasana lokasi di Rig (alat pengeboran minyak bumi) PDSI 49 milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau, Senin (8/8/2022).

Upaya Pertamina Hulu Rokan (PHR) dalam mengoptimalisasi produksi minyak di Blok Rokan membuahkan hasil yang positif. Pada dua pekan di awal 2023, PHR berhasil menemukan cadangan minyak baru dari empat sumur andalan dengan cadangan yang cukup besar.

Keempat lapangan minyak tersebut yaitu Lapangan Minas, Petani, Benar dan Bekasap yang menghasilkan 1.000-1.400 barel per hari (bph). Direktur Utama PHR, Jaffee A Suardin, mengatakan sumur-sumur ini akan menjadi prioritas dalam kegiatan pengeboran.

Adapun keempat sumur yang menjadi priotitas ini berada di sekitar lapangan eksisting. Melalui survei perusahaan, PHR menemukan potensi minyak pada lapisan-lapisan yang sebelumnya belum teridentifikasi.

“Keberhasilan PHR di awal tahun ini tidak terlepas dari penerapan teknologi serta kejelian dan kreativitas para engineer PHR dalam mengamati potensi cadangan minyak di WK Rokan,” kata Jaffee dalam siaran pers, Jumat (20/1).

Penemuan cadangan minyak baru ini menggunakan teknik pengeboran dalam atau deep GGRP review dengan menargetkan area yang belum ditembus oleh sumur eksisting di sekitarnya.

Begitu pula di Lapangan Petani, dengan mempelajari target reservoir lebih dalam di lapisan sand pematang yang belum tereksploitasi dengan masif sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...