13 Proyek Jalan Tol Ditargetkan Rampung Tahun ini, Berikut Daftarnya

Nadya Zahira
26 Januari 2023, 20:56
jalan tol, tol, infrastruktur
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Pekerja dengan alat berat mengerjakan pembangunan jalan Tol Serpong - Cinere di ruas Pamulang - Cinere, di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (4/1/2023).

Pemerintah menargetkan membangun jalan tol sepanjang 1.405,5 kilometer (km) pada periode 2020 hingga 2024. Adapun target pembangunan jalan tol tahun ini adalah sepanjang sepanjang 511,11 km dan 385,5 km pada 2024.

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyebutkan mayoritas proyek ini dibiayai oleh investasi. Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menyebutkan beberapa dari proyek tersebut ditargetkan rampung tahun ini.

Adapun proyek tol tersebut yaitu Tol Semarang-Demak seksi 2, Tol Bekasi-Cawang Kampung 2A, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 4–6, Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Tol Cibitung-Cilincing (JORR II) Seksi p2, Cinere-Jagorawi (JORR II) Seksi 3, Tol Serpong-Cinere (JORR II) Seksi 2.

Kemudian Tol Sigli-Banda Aceh, Seksi 1, 5, dan 6, Tol Kualanamu-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1–4, Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3, Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B, dan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung.

"Selain itu, pada tahun ini juga ditargetkan pengoperasian Jalan Tol Kisaran-Tebing Tinggi (Indrapura), Jalan Tol Binjai-Langsa (Stabat-Tanjungpura), Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan, dan Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih," ujar Hedy dalam acara Rapat Dengar Pendapat atau RDP bersama Komisi V, Jakarta, Selasa (24/1).

Adapun untuk pembangunan jalan tol pada 2023 tersebut, Kementerian PUPR menganggarkan dana sebesar Rp 7,8 triliun. Sementara total anggaran untuk Bidang Bina Marga sebesar Rp 49,31 triliun.

Selain jalan tol, dana tersebut juga akan digunakan untuk membangun infrastruktur jalan, jembatan, flyover atau terowongan, dan perawatan jalan nasional.

Pembangunan jalan tol pada 2023 tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Pada 2022, Kementerian PUPR telah membangun 183 km jalan tol melalui skema investasi dan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha atau KPBU.

Sebagai informasi, selama periode 2015-2020 panjang jalan tol di Indonesia bertambah sebanyak 1.486,83 km. Adapun ruas tol terpanjang yang beroperasi adalah Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dengan jarak 189,4 km. Jalan tol tersebut telah beroperasi sejak November 2019.

Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...