PKS Nyatakan Dukung Pencapresan Anies Baswedan Meski Belum Deklarasi

Ade Rosman
27 Januari 2023, 20:40
anies baswedan, pilpres 2024, pks
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato saat peresmian relawan IndonesiAnis di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (2/11/2022).

PKS menyatakan mendukung pendeklarasian Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman meskipun belum ada deklarasi secara resmi.

"Saya katakan kalau PKS ini tidak dukung pak Anies, maka tidak mungkin saya ada terus-terusan di dalam tim kecil ini," kata Sohibul usai pertemuan dengan tim kecil PKS, Demokrat, dan Nasdem di kediaman Anies Baswedan, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1).

Advertisement

Sebelumnya, pada Kamis (26/1), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono melalui keterangan resmi menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Anies sebagai bakal calon presiden.

Sohibul mengatakan, pihaknya masih menjalani komunikasi internal untuk menyusul kabar tersebut. "Kami di PKS Tentu juga terus melakukan proses internal kita, dan pada waktunya kami tentu juga akan menyampaikan deklarasi sebagaimana Nasdem maupun Demokrat," kata Sohibul.

Adapun, pada pertemuan tersebut, utusan Anies di tim kecil, Sudirman Said mengatakan salah satu hasil dari pertemuan itu adalah kesepakatan menyiapkan deklarasi bersama. "Tadi bersepakat untuk bersiap-siap secara paralel menyiapkan deklarasi bersama," kata Said.

Said mengatakan, seluruh tahapan di antara ketiga parpol tersebut telah berjalan dengan baik, dan tinggal menunggu mekanisme dari internal parpol masing-masing.

Pertemuan tersebut dihadiri Anies Baswedan, DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman serta Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement