Konsumsi Energi Sudah Normal, RI Kekurangan Minyak 30.000 Barel/Hari

Happy Fajrian
30 Januari 2023, 12:21
migas, produksi migas, minyak, kkks, esdm
Katadata
Rig migas lepas pantai.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa Indonesia kekurangan minyak sekitar 30.000 barel per hari (bph) untuk konsumsi di dalam negeri. Angka ini merupakan selisih dari produksi migas dengan konsumsi energi yang sudah kembali normal pascapandemi.

Oleh karena itu Arifin berharap agar kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dapat mengoptimalkan produksinya, terutama dalam jangka pendek dan memiliki strategi jitu untuk jangka panjang.

Advertisement

“Saat ini konsumsi energi di Indonesia sudah cenderung normal. Dari produksi migas terlihat ada shortage sekitar 30.000 bph. Shortage jika tidak diatasi akan menukik ke level yang luar biasa,” kata Arifin dalam 5th CEO Forum dengan KKKS migas, dikutip dari siaran pers Senin (30/1).

Untuk menekan konsumsi minyak, lanjut Arifin, pemerintah telah melakukan upaya untuk mendorong konversi listrik pada sektor transportasi. Namun konversi ini membutuhkan proses dan tidak bisa cepat karena mata rantai yang panjang.

Namun, pemerintah juga telah memberikan berbagai dukungan, berupa insentif untuk sektor hulu migas agar produksi dapat ditingkatkan. “Pemerintah akan memberikan dukungan atas upaya peningkatan produksi migas, kami siap memberikan doping (insentif) untuk industri hulu migas,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement