Ekspor Bauksit Disetop, Penambang Diminta Revisi Target Produksi RKAB

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Januari 2023, 17:36
larangan ekspor bauksit, bauksit, smelter
ANTARA FOTO/Jojon
Ilustrasi tambang minerba.

Menjelang berlakunya kebijakan larangan ekspor bauksit pada pertengahan tahun ini, banyak rencana kerja dan anggaran belanja (RKAB) perusahaan tambang yang belum disetujui oleh Kementerian ESDM hingga akhir Januari 2023.

Hal itu merujuk pada temuan kementerian yang menilai masih ada sejumlah perusahaan yang belum menuntaskan persyarakat lingkungan, ketentuan teknis hingga aspek finansial yang belum sejalan dengan kemampuan produksi perusahaan.

Advertisement

Plh Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM, Muhammad Idris Froyoto Sihite, mengatakan pengesahan RKAB dilakukan secara ketat melalui tahapan penilai beberapa aspek seperti kompetensi perusahaan, pemenuhan kewajiban lingkungan, teknis hingga besaran modal tiap-tiap pelaku usaha.

Selain itu, target produksi bauksit perusahaan akan dikoreksi dengan menyesuaikan kebijakan larangan ekspor pada Juni 2023 sehingga tidak terjadi kelebihan pasokan.

"RKAB bauskit saya pikir bukan tidak disetujui ya, tapi semua aspek harus mendukung sehingga nanti akan disesuaikan dengan target produksi mereka," kata Idris saat ditemui usai agenda Capaian Kinerja Sektor ESDM Tahun 2022 dan Target Tahun 2023 di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (30/1).

Selain faktor internal perusahaan, penentuan persetujuan RKAB tahun ini juga akan disesuaikan dengan kebijakan penyetopan ekspor bauksit yang bakal berjalan pada pertengahan tahun ini. "RKAB disesuaikan pasti salah satunya itu, hilirisasi. Tapi beberapa perusahaan sudah berjalan," ujar Idris.

Kementerian ESDM mencatat total kapasitas input bauksit sepanjang 2022 sejumlah 13,88 juta ton yang menghasilkan output alumina 4,3 juta ton dari empat smelter eksisting.

Empat smelter itu dibangun oleh PT Indonesia Chemical Alumina, PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW), dan satu unit smelter ekspansi WHW. Selain itu, produksi bauksit juga domestik juga dimurnikan oleh smelter kepunyaan PT Bintan Alumina Indonesia.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement