Negara Barat Patok Harga Produk Minyak Rusia US$ 45-100 per Barel

Happy Fajrian
4 Februari 2023, 15:02
harga minyak rusia, batas harga
KATADATA
Ilustrasi kilang minyak. Negara-negara barat menetapkan batas harga untuk produk olahan minyak Rusia seperti solar, BBM, dan naphta.

Negara-negara barat menyepakati batas harga untuk ekspor produk olahan minyak Rusia. Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen mengatakan batas harga ini dibangun di atas batas harga minyak mentah yang ditetapkan pada Desember 2022.

Koalisi negara barat yang terdiri dari ekonomi kelompok tujuh (G7), Uni Eropa, dan Australia, menetapkan dua batas harga produk minyak Rusia, yakni maksimal US$ 100 per barel untuk produk yang diperdagangkan dengan harga premium minyak mentah seperti solar, dan US$ 45 per barel untuk produk yang diperdagangkan dengan harga diskon seperti BBM dan naphta.

Batas harga ini akan berlaku mulai Minggu (5/2), bersamaan dengan larangan Uni Eropa terhadap impor produk minyak Rusia. Ini menjadi upaya terakhir negara-negara barat untuk membatasi kemampuan Moskow untuk mendanai perangnya di Ukraina, yang dimulai hampir setahun lalu.

“Batas yang baru saja kami tetapkan sekarang akan memainkan peran penting dalam kerja koalisi global kami untuk menurunkan kemampuan Rusia untuk menuntut perang ilegalnya,” kata Yellen dalam sebuah pernyataan setelah perjanjian itu dirilis, dikutip Sabtu (4/2).

Langkah tersebut mengikuti pelarangan atas penggunaan asuransi, keuangan, dan perantara maritim yang dipasok Barat untuk minyak mentah Rusia yang berlayar di laut dengan harga di atas US$ 60 per barel yang ditetapkan pada awal Desember lalu.

Yellen mengatakan sanksi dan batasan harga akan memaksa Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memilih antara mendanai perang brutalnya atau menopang perekonomiannya yang kesulitan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...