Cina Dituding Terbangkan Balon Udara Pengintai ke Wilayah AS

Happy Fajrian
4 Februari 2023, 17:36
cina, amerika, mata-mata, pengintai, balon udara
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menunda kunjungannya ke Beijing, Cina pasca-insiden balon udara yang diduga pengintai milik Cina di wilayah Amerika.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menuding Cina telah menerbangkan balon udara pengintai atau mata-mata ke wilayah AS. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut balon udara pengintai Cina di wilayah Amerika sebagai pelanggaran atas kedaulatan negara yang tidak dapat diterima.

Blinken pun memutuskan menunda kunjungannya ke Beijing yang awalnya dijadwalkan pada Minggu (5/2). “Insiden balon ini merusak tujuan dari kunjungan ini,” ujarnya kepada wartawan seperti dikutip daru Reuters pada Sabtu (4/2).

Advertisement

“Sangat penting untuk menekankan bahwa kehadiran balon pengintai ini di atas Amerika Serikat, di langit kita, jelas merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan kita, pelanggaran yang jelas terhadap hukum internasional dan jelas tidak dapat diterima,” katanya.

Cina telah menyatakan penyesalan atas balon yang memasuki wilayah udara AS, menggambarkannya sebagai pesawat sipil yang digunakan untuk penelitian meteorologi yang keluar dari jalur yang direncanakan karena tertiup angin dan kemampuan kemudi otomatis yang terbatas.

Kementerian luar negeri Cina mengeluarkan pernyataan pada hari Sabtu yang mengatakan insiden pesawat Cina di langit Amerika sebagai kecelakaan yang tak dapat dihindari serta menuduh politisi dan media AS mengambil keuntungan dari situasi tersebut untuk mendiskreditkan Beijing.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement